Meningkatkan Produksi Tanaman Padi

Upaya untuk meningkatkan produksi tanaman padi bisa terbilang cukup sederhana dan tidak begitu sulit dalam pengerjaannya. Sebagaimana yang telah kita ketahui, tanaman padi merupakan jenis tanaman yang lebih banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Yang mana tujuan dari menanam padi ini adalah untuk menghasilkan beras, dan beras dimasak menjadi nasi, nah nasi inilah merupakan makanan pokok masyarakat kita yang bertempat tinggal di Indonesia wilayah barat dan tengah. Yang mana setiap orang yang menanam padi tersebut adalah ingin agar hasil padinya melimpah dan mendapatkan hasil panen padinya yang maksimal. Nah pada artikel ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai hal tersebut. Semoga hasil tanaman padi Anda akan mendapatkan hasil panen yang berlimpah dan memperoleh produksi yang maksimal serta memuaskan.

Tanaman Padi
Untuk meningkatkan produksi tanaman padi, perlu diperhatikan pula tentang Jadwal yang Tepat Untuk Memupuk Padi dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika membahas mengenai padi, tentu tanaman ini sangat erat hubungannya dengan sawah, walaupun terkadang ada pula para petani menanam padinya di ladang, akan tetapi sebagian besar tanaman padi tersebut lebih banyak ditanam di sawah. Karena membudidayakan padi di sawah adalah lebih banyak mendapatkan sumber air untuk pengairan padinya daripada di ladang. Yang mana melakukan pengairan tanaman padi tersebut sangat penting demi kelangsungan produksi padi itu sendiri dan dapat pula meningkatkan produksinya. Selain dari melakukan pengairan, tidak lupa pula bagi kita untuk melakukan perawatan khusus agar padinya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Lalu apa saja perawatan khusus untuk meningkatkan produksi tanaman padi? Bisa Anda simak pada penjelasannya di bawah ini.

  • Upaya Pemupukan
Upaya yang pertama yaitu pemupukan. Setelah Anda menanam padi, tidak berhenti sebatas itu saja, akan tetapi perlu dilakukan perawatan tanaman padi lebih lanjut, yaitu memupuknya. Pada tahap pemupukan ini adalah bertujuan dan berusaha agar tanaman padi dapat tumbuh dengan subur. Jadi pupuknya dapat diperhatikan pula pupuknya yang cocok dengan tanaman padi.

  • Melakukan Pembersihan Gulma yang Tumbuh di Sekitar Tanaman Padi
Membersihkan gulma yang terdapat di sekitar tanaman padi sangat perlu dilakukan, hal ini tidak lepas kaitannya dengan produksi tanaman padi itu tadi. Jadi dengan adanya upaya pembersihan gulma akan dapat meningkatkan produksi tanaman padi. Karena jika banyaknya gulma yang tumbuh, akan menghambat pertumbuhan padi.

  • Membasmi Hama
Membasmi hama adalah untuk menghindari beragam penyakit yang bisa saja menyerang tanaman padi. Jika tanaman padi Anda banyak dihinggapi hama, maka upaya peningkatan produksi tanaman padi tersebut akan terhambat. Dan bisa saja membuat buah padi Anda akan hampa, tidak berisi. Dan ini akan membuat pekerjaan Anda akan sia-sia bukan? Terutama hama yang sering menyerang tanaman padi ini adalah walang sangit, wereng, ulat, dan masih banyak lagi hama lainnya. Adapun upaya untuk membasmi hama padi tersebut bisa Anda lakukan dengan menyemprot padi tersebut dengan cairan Imidastar 200 SL, atau Phefoc. Anda bisa mendapatkan alat pembasmi hama ini di toko-toko pertanian terdekat. Adapun menggunakan phefoc tersebut selain dapat membasmi hama, juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman padi.

  • Memupuk Pada Tahap Kedua
Jadi kira-kira pada saat tanaman padi Anda sudah berumur 2 bulan, atau disaat tanaman tersebut sudah menghijau, Anda perlu melakukan pemupukan pada tahap kedua. Upaya ini adalah bertujuan untuk meningkatkan produksi tanaman padi Anda. Dan tentu harapannya agar tanaman padi menjadi lebat dan memproduksi buahnya yang berlimpah.

Nah demikianlah upaya kita untuk dapat meningkatkan produksi tanaman padi. Jika Anda melakukan semua tahap-tahap di atas secara konsisten, maka Insya Allah tanaman padi Anda akan tumbuh subur sesuai dengan yang diharapkan. Jangan lupa untuk memilih pupuk padi yang baik agar produksinya makin baik pula. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

4 comments

mantap gan thank's artikel sangat menarik :)

0ke, terimakasih atas kunjungannya.

hama padi selalu menjadi masalah buat petani, kemarin panen memang sedikit menurun tapi sukuri saja masih bisa dipanen

Betul gan, jadi harus banyak d lakukan penyemprotan agar tanaman padi terhindar dari hama.


EmoticonEmoticon

Populer Minggu Ini