Macam-Macam Jenis Tanaman Palawija

Tanaman Palawija merupakan tanaman pengganti padi atau tanaman kedua setelah tanaman padi, dan tanaman ini ditanam oleh para petani pada saat stok persediaan air sudah agak berkurang dalam hal penanaman padi. Karena padi membutuhkan banyak air, sementara persediaan pengairan sudah hampir habis, maka perlu dilakukan penanaman tanaman palawija. Karena tanaman palawija tidak perlu disiram setiap hari, tanaman ini akan dapat tumbuh dan subur hingga saat panen jika orang yang menanamnya itu rajin menjaga dan merawatnya dari serangan hama. Akan tetapi faktor kesuburan dan kelembapan tanah di mana tempat tanaman palawija tersebut ditanam, juga akan mempengaruhi produktifitas tanaman itu sendiri. Adapun macam-macam jenis tanaman palawija tersebut akan kita bahas pada pembahasan di bawah ini.

Macam-macam tanaman palawija

Baca Juga : Macam-Macam Jenis Sayuran

Seperti yang sudah dibahas di atas, yang mana palawija merupakan tanaman pengganti padi, yang ditanam pada saat pengairan sudah agak berkurang, jadi disaat kondisi tersebut, lebih cocok dilakukan menanam tanaman palawija. Adapun jenis-jenis dan macam-macam tanaman palawija tersebut antara lain sebagai berikut:

- Oyong
Menanam oyong terasa lebih mudah dan tidak terlalu rumit, karena tanaman oyong dapat ditanam di mana saja, dan tidak perlu mencari tempat yang khusus, seperti di tempat yang rendah, tempat yang tinggi, semua tempat tersebut akan cocok-cocok saja. Yang penting lahan untuk menanam oyong tersebut tersedia kandungan air yang cukup. Adapun cara menanamnya cukup dengan melobangi tanah tempat untuk menanamnya, dengan kedalaman kira-kira 25cm dan lebarnya juga hanya kurang lebih 25 cm, dan jarak antara lubang dengan lubang lainnya cukup 50-60 cm saja. Dan sebelum menanam oyong, terlebih dahulu lobangnya diberi pupuk, misalnya pupuk kandang atau kompos.

- Singkong
Tanaman singkong boleh dikatakan tanaman yang bandel. Mengapa dikatakan seperti itu? Karena singkong ini dapat tumbuh di mana saja. Dan menanamnya juga sangat mudah, yaitu cukup hanya menancapkan batangnya ke tanah, maka singkong akan dapat hidup dan tumbuh menjadi besar. Apalagi jika dipelihara dengan baik, akan tumbuh maksimal dan akan memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Dan juga semua yang ada pada tanaman singkong ini akan memberikan manfaatnya bagi manusia, seperti daun, batang dan umbinya.
Lihat juga: 7 Manfaat Daun Singkong

- Kacang Panjang
Nilai jual yang tinggi akan memberikan hasil yang berupa materi kepada yang empunya, karena selain bisa dikonsumsi sendiri untuk kebutuhan sehari-hari, kacang panjang dapat juga dijual di pasar-pasar terdekat di daerah Anda. Lumayan menggiurkan bukan? Cara menanamnya juga tergolong mudah, cukup dengan menanam diantara padi-padi di sawah, kacang panjang akan bisa tumbuh dan berbuah, hal ini bisa dikatakan "sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui". Karena sambil nanam padi, kacang panjang pun tetap jadi.
Hehehehe

- Mentimun
Mentimun adalah tanaman yang agak mudah dan cenderung gampang dirawat. Dan jika Anda menanam mentimun, cukup dengan membersihkan area sekitarnya saja, itu cukup untuk memaksimalkan buah mentimun itu sendiri. Pada mentimun juga terdapat kandungan vitamin, diantaranya vitamin A, B dan C. Dan juga pada mentimun terdapat kandungan mineral, yaitu mengandung kalium dan magnesium.

- Talas

Talas ini juga termasuk jenis keladi, karena bentuknya sama. Hampir semua yang ada pada tanaman talas ini dapat dimanfaatkan dan dikonsumsi, seperti daun, tangkai daunnya, batangnya, pelepah serta umbinya bisa dimakan, hanya akar serabutnya saja yang tidak boleh dimakan. Umbi talas ini juga dapat sebagai pengganti makanan pokok. Karena pada umbinya tersebut mengandung sumber zat karbohidrat. Adapun manfaat lainnya dari talas tersebut dapat dibuat cemilan dan makanan penyedap, hal ini sesuai dengan selera dari kita masing-masing.

Itulah tadi pembahasan mengenai macam-macam jenis tanaman palawija, semoga ada manfaatnya dan menjadi sumber inspirasi bagi sahabat-sahabat pembaca sekalian untuk memanfaatkan lahannya untuk menanam beberapa tanaman yang sudah disebutkan di atas.

First

4 comments


EmoticonEmoticon

Populer Minggu Ini