Jadwal yang Tepat Untuk Memupuk Padi

Melakukan pemupukan pada padi adalah suatu usaha agar memperoleh hasil padi yang maksimal, terutama jika pada masa tanam yang telah cukup lama dan tanaman padi Anda sudah cukup besar, inilah saat dan jadwal pemupukannya yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh kita yang sedang menanam padi agar mendapatkan hasil panen yang memuaskan, maka dari itu perlu dilakukan upaya dan jadwal yang tepat untuk memupuk padi yang sedang tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, jika dalam hal memupuk padi tersebut terdapat cara pemupukannya yang salah akan berakibat fatal pada tanaman padi tersebut.
Jadwal untuk memupuk padi tersebut harus benar-benar diperhatikan agar memperoleh hasil padi yang maksimal dan memiliki kualitas yang bagus, serta sesuai dengan yang diharapkan. Yang mana upaya pemupukan padi ini harus melalui beberapa proses dan tahap-tahapnya. Misalnya pada saat masa 1 minggu setelah masa tanam hingga pada saat mau panen.

Lalu bagaimana tentang jadwal yang tepat untuk memupuk padi tersebut? Berikut ini ada beberapa penjelasannya.

  • 1-2 Minggu
Jika pada saat tanaman padi Anda sedang memasuki usia tanam 1-2 minggu, upaya pemupukan untuk ukuran sawah satu hektar adalah sebagai berikut:
- 270 phonska
- 500 kg petroganik
- 135 kg UREA
- Pupuk ZA 90 kg

Nah pada saat ini padi sedang menghijau, jadi perlu dilakukan pemupukan agar ke depannya padi Anda akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

  • Masa 1 Bulan
DIsaat sudah memasuki usia tanam sekitar 1 bulan, perlu diadakan pemupukan susulan, dan ini juga untuk takaran 1 hektar sawah. Yaitu sebagai berikut:
- Phonska 150 kg
- UREA 50 kg

Adapun waktu pemupukan ini dilakukan sekitar jam 8-10 pagi, yang mana pada jam tersebut embun-embun pagi sudah mengering, dan disaat inilah saat yang tepat untuk memberikan pupuk untuk padi. Atau Anda juga bisa melakukan pemupukan ini disaat sore hari sekitar jam 5 sore. Adapun perlu juga Anda perhatikan, jika pada saat ini sedang musim hujan atau sedang turun hujan, sebaiknya pemupukan ini untuk sementara dihentikan dulu agar pupuk yang Anda punya tersebut tidak terbuang sia-sia. Jadi tunggulah disaat lahan sawah sedang mengering, maka perlu dilakukan pemupukan tersebut, walaupun persediaan air sedang cukup, maka perlu dikeringkan tanah sawahnya untuk diberikan pupuk ini agar menghasilkan buah padinya yang optimal.


Itulah sedikit penjelasan mengenai Jadwal yang Tepat Untuk Memupuk Padi, mudah-mudahan memberikan banyak manfaatnya bagi Anda yang sedang menanam padi, dan semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.

6 comments


EmoticonEmoticon

Populer Minggu Ini