Manfaat Buah Pisang Bagi Tubuh

Manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh - Pisang adalah suatu jenis buah-buahan yang sering dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Buah pisang tersebut gampang kita dapatkan di semua tempat, dan harganyapun relatif murah dan terjangkau. Buah pisang sangat cocok untuk makanan pencuci mulut. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin, ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Buah pisang juga akan sangat bagus untuk dikonsumsi oleh seorang ibu hamil, salah satu manfaatnya adalah untuk membantu tumbuh kembang janin yang ada pada kandungannya. Hal ini karena buah pisang mempunyal banyak kandungan nutrisi, seperti asam folat dan kalium. Buah pisang dapat membantu tubuh untuk menyimpan banyak cadangan kalsium, nitrogen, serta fosfor, yang mana sangat berfungsi sebanai zat pembangun dan regenerasi pada jaringan tubuh.

Dan manfaat buah pisang tersebut juga kaya akan kandungan vitamin dan kandungan mineralnya yang sangat penting, seperti misalnya vitamin B, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Berikut ini ada beberapa manfaat buah pisang yang berguna bagi kesehatan tubuh.

  • Kaya akan kandungan serat dan vitamin
Pada buah pisang terdapat 5 kandungan vitamin A dan 2 kali kandungan karbohidrat. Buah pisang kaya akan kandungan potasium, yang mana dengan terdapat kadar potasium yang mencapai 400mg yang ada di dalam buah pisang yang memiliki ukurang sedang. Oleh sebab itu, buah ini wajib dan sangat baik untuk dikonsumsi agar tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

  • Sebagai sumber energi
Dengan kandungan karbohidrat yang terdapat pada buah pisang dapat menjadi sebuah sumber pembangun energi bagi tubuh. Dan dengan mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari, dapat menambah dan meningkatkan sistem imun untuk tubuh. Jadi dengan banyaknya energi yang terdapat pada tubuh maka kegiatan dan aktivitas sehari-hari akan berjalan dengan lancar dan penuh semangat.

  • Dapat meningkatkan kesehatan otak
Salah satu mnfaat buah pisang adalah dapat meningkatkan kesehatan otak, jadi hanya dengan mengkonsumsi tiga buah pisang setiap hari, akan meningkatkan daya ingat Anda. Untuk anak-anak akan membuat mereka menjadi pintar dan memiliki daya ingat yang kuat, serta dapat mencerdaskan otak anak.

  • Dapat mengobati jerawat
Buah pisang dapat digunakan untuk mengobati jerawat, caranya yaitu dengan menghancurkan daging buah pisang yang telah matang. Kemudian hanya mengoleskan buah pisang tersebut pada kulit wajah yang terdapat jerawat. Lalu diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan olesan buah pisang tadi dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin selama satu minggu, dan lihatlah hasilnya, wajah Anda akan menjadi putih dan bersih.

  • Dapat menghaluskan kulit wajah
Selain bermanfaat bagi tubuh, buah pisang juga bermanfaat bagi kulit wajah, jadi bagi Anda yang sedang mempunyai masalah dengan kulit wajah yang kasar atau kering, daging buah pisang tersebut dapat menjadi solusinya. Caranya sama seperti cara mengobati jerawat di atas, yang mana caranya hancurkan buah pisang tersebut, kemudian dicampurkan dengan satu sendok madu. Gunakanlah buah pisang yang dicampur madu tadi untuk dijadikan masker pada wajah Anda. Lakukan cara ini secara rutin dan kulit wajah akan halus dan bersinar.

  • Dapat mencegah dan mengobati penyakit maagh
Disaat terkena penyakit maagh, mengkonsumsi buah pisang tersebut merupakan salah satu usaha yang manjur untuk mengatasi penyakit maagh tersebut. Hal ini dikarenakan pada buah pisang terdaat kandungan zat penangkal asam yang terdapat di dalam lambung sehingga dapat meredakan penyakit maagh. Jadi jika Anda sering mengkonsumsi buah pisang, juga salah satu manfaatnya untuk mencegah penyakit maagh.

  • Dapat mengatasi penyakit Anemia
Karena adanya kandungan zat besi yang cukup tinggi  pada buah pisang, jadi akan sangt cocok dimakan untuk penderita anemia. Dengan mengkonsumsi buah pisang sebanyak minimal dua buah setiap harinya, usaha ini cukup bagus dan dapat mengatasi anemia tersebut.

  • Dapat mencegah penyakit jantung
Buah pisang juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, karena pada buah pisang terdapat kandungan vitamin C dan flavonoid, yang mana kandungan vitamin tersebut bersifat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya proses oksidasi lemak. Serta kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang juga merupakan suatu tonik yang baik dan bagus bagi kesehatan jantung. Dan juga kandungan serat pektin pada buah pisang juga berpengaruh untuk membantu menurunkan kolesterol.

  • Melancarkan sistem pencernaan
Dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin, akan dapat membantu kinerja sistem pencernaan pada tubuh, untuk dapat bekerja lebih baik dan lancar. Jadi dengan buah pisang yang lembut akan memperlancar organ pncernaan untuk dapat mencerna makanan tanpa bersusah payah.

  • Dapat mengatasi kantong kering
Apa itu kantong kering? Yaitu kantong/saku baju atau celana Anda yang tidak terdapat uang. Jadi dengan buah pisang, Anda dapat membawanya ke pasar atau ke tempat lain yang terdapat pembeli, lalu buah pisang tersebut bisa Anda tukarkan dengan uang mereka, dan kantong Anda tidak kering lagi bukan? Hahahaha


Itulah tadi manfaat buah pisang bagi tubuh, semoga memberikan manfaat bagi rekan-rekan sekalian. Makanlah buah pisang sebagai makanan pencuci mulut, baik sebelum maupun setelah makan. Ini berguna bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Terimakasih atas waktu dan kesempatannya dalam membaca artikel ini.

8 comments

TERNYATA BUAH PISANG BANYAK SEKALI MANFAATNYA, MAKASIH GAN

ya gan..
banyak manfaat buah pisang bagi tubuh kita

Ternyata banyak bermanfaat buah pisang..mantap gan..

Buah pisang yg saya suka tuh yang warnanya kuning+kecil kyak ditempat hajatatan gitu..
wkwkkwk enak


EmoticonEmoticon

Populer Minggu Ini